STRUKTUR DAN INTERKONEKSI BUS
BY:khabib shola huddin
PENGERTIAN BUS
Pengertian Bus adalah  bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk memindahkan data antar bagian – bagian dalam sistem komputer. Data dipindahkan dari piranti masukan ke CPU, CPU ke memori, atau dari memori ke piranti keluaran. (nifan, 2013)
JENIS DAN FUNGSI MASING-MASING BUS

-DATA BUS
Adalah jalurjalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masingmasing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel. (syuhada, 2016)

-CONTROL BUS
Control bus  untuk mengidentifikasi alamat Bus. Control bus terdiri atas 4 sampai 10 jalur parallel.Control bus  untuk mengidentifikasi alamat Bus. Control bus terdiri atas 4 sampai 10 jalur parallel. (idrus, 2013)

-ADDRESS BUS
Address bus untuk menandakan lokasi sumber atau tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur parallel. (Pamungkas, 2012)
JENIS DAN FUNGSI MASING-MASING BUS

      CPU
CPU membaca instruksi dan data, menulis data setelah diolah, dan menggunakan signal-signal kontrol untuk mengontrol operasi sistem secara keseluruhan. CPU juga menerima signal-signal interrupt.

       I/O
I/O berfungsi sama dengan memory.Terdapat dua buah operasi, baca dan tulis. Selain itu, modul-modul i/O dapat mengontrol lebih dari 1 perangkat eksternal. Kita dapat mengaitkan interface ke perangkat eksternal sebagai sebuah port dan memberikan alamat yang unik (misalnya,0,1,…,M-1) ke masing-masing port tersebut. Di samping itu, terdapat juga lintasan-lintasan data internal bagi input dan output data dengan suatu perangkat eksternal. Terakhir, modul i/O dapat mengirimkan sinyal-sinyal interupt ke cpu.

      MEMORY
Memory umumnya modul memory terdiri dari n word yang memiliki panjang yang sama. Masing-masing word diberi alamat numerik yang unik(0,1…,N-1). Sebuah word data dapat dibaca dari memory atau ditulis ke memori. Sifat operasinya ditandai oleh signal-signal control read dan write. Lokasi bagi operasi dispesifikasikan oleh sebuah alamat. (NAHESTA=A NEW HOPE, 2016)

DAFTAR PUSTAKA

NAHESTA=A NEW HOPE. (2016, AGUSTUS SENIN). Retrieved AGUSTUS JUM'AT, 2016, from STRUKTUR INTERKONEKSI: http://nhunhea.blogspot.co.id/
idrus, m. (2013, OKTOBER SELASA). CATATAN HARIAN MUZAKKIR IDRUS. Retrieved AGUSTUS JUM'AT, 2016, from PENGERTIAN BUS: http://muzakkir-idrus.blogspot.co.id/2013/10/bus-fungsi-data-bus-control-bus-addres.html
nifan, a. (2013, APRIL RABU). INSPIRASI-Ku.com. Retrieved AGUSTUS JUM'AT, 2016, from pengertian bus dan jenis-jenis bus.
Pamungkas, Y. P. (2012, APRIL SENIN). YOHAA. Retrieved AGUSTUS JUM'AT, 2016, from FUNGSI BUS,PENJELASAN DATA,ADDRES,DAN CONTROL BUS: http://agoey11.blogspot.co.id/2012/04/fungsi-bus-penjelasan-data-address-dan.html
syuhada, y. (2016, agustus rabu). yusuf syuhada. Retrieved agustus jum'at, 2016, from Pengertian Address Bus, Data Bus, Control Bus, Processor: http://yusufsyuhada.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-address-bus-data-bus-control.html

NAMA:KHABIB SHOLLA HUDDIN
KELAS:XI TKJ 1
ABSEN:14
MOTTO:WAKTU ADALAH ILMU















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar